Kumpul Penulis Pembaca Bersama GagasMedia - Bukune - PandaMedia

by 1:20 AM 1 komentar
GagasMedia, Bukune, dan PandaMedia akan mengadakan Kumpul Penulis dan Pembaca di akhir tahun 2013. Dalam kegiatan ini, kamu bisa bertemu dan berbincang lebih dekat dengan penulis dan redaksi GagasMedia, Bukune, dan PandaMedia.


Kapan dan di mana?

Kumpul Penulis dan Pembaca akan diadakan pada tanggal 22 Desember 2013 pukul 08.00-21.00 di Galeri 678, Kemang – Jakarta.

Ngapain ajah tuh?

Seharian itu, kamu bisa mengikuti rangkaian acara berikut ini:

08.00-09.30
Breakfast with Author: Karakter-karakter yang Memorable

Host: Theoresia Rumthe
Pembicara: Al-Dhimas - Arini Putri - Kireina Enno - Helga Rif – Nina Ardianti - Prisca Primasari - Windry Ramadhina - Robin Wijaya - Sanie B Kuncoro - Yoana Dianika

[Terbatas untuk 40 orang. Biaya paket makan Rp. 50.000,- / orang. Pendaftaran ke promosi@gagasmedia.net dengan subyek “daftar author breakfast”. Harap mencantumkan nomor telepon atau handphone di email]

Karakter merupakan salah satu unsur penting dalam membangun sebuah cerita. Tokoh-tokoh yang memiliki karakter kuat akan membuat cerita lebih hidup. Membuat pembaca makin ingin mengenal si tokoh lebih dalam, ikut masuk ke dalam konflik yang dihadapinya. Karena itulah, menciptakan karakter dalam sebuah cerita perlu teknik dan keterampilan sendiri. Di sesi ini, penulis-penulis akan berbagi tentang pengalamannya menciptakan karakter yang membuat pembacanya penasaran, berempati dengannya, dan tidak mudah dilupakan.

10.00-11.00
GagasMedia New Project Workshop: BOSS & Relationship Romance


Pemateri: Christian Simamora (Kepala Desk Fiksi GagasMedia) dan tim

[Terbatas untuk 50 orang. Pendaftaran ke promosi@gagasmedia.net dengan subyek “Daftar GagasMedia New Project Workshop”. Harap mencantumkan nomor telepon atau handphone di email.]

11.00-12.30
Book Battle 1: Non Fiksi Komedi VS Novel Komedi

Host: Aprishi Alitta
Pembicara: Adhitya Mulya (penulis Jomblo) - Alitt Sutanto (penulis Skripshit) - Ferdi Riva (penulis Cado-cado) - Ryandi Rachman (penulis Satu Pertiga) - Stephany Josephine (penulis The Freaky Teppy)

Beberapa tahun ini tulisan komedi mewarnai dunia penerbitan Indonesia. Banyak penulis lahir dan sukses dari genre ini. Ide-ide menjadi lebih ringan namun tetap tersampaikan dalam tulisan komedi. Beberapa penulis komedi memilih menyajikannya dalam bentuk non-fiksi (seperti personal literatur) dan beberapa lagi dalam bentuk novel. Tentu saja, dua bentuk penulisan komedi ini mempunyai aturan dan cara penyajian sendiri. Dalam sesi ini, para penulis genre non-fiksi komedi dan novel komedi tidak hanya akan menceritakan proses penulisannya, namun juga akan berbagi tentang pengalaman mereka menemukan teknik dan gaya menulis komedi.

13.00-14.30
Book Battle 2: Setting Lokal VS Setting Luar Negeri

Host: Bernard Batubara
Pembicara: Alvi Syahrin (penulis Swiss)  - Sandy Firly (penulis Lampau) - Sefryana Khairil (penulis Tokyo) - Widyawati Oktavia (penulis Penjual Kenangan)

Dalam sebuah cerita, setting tidak hanya menjadi lokasi cerita di mana tokoh berkisah. Melalui deskripsi yang baik, setting bisa menciptakan suasana yang hendak dibangun oleh pencerita. Novel-novel yang mengandalkan setting sebagai kekuatan cerita harus benar-benar bisa menghidupkan setting yang dipilihnya entah dalam deskripsi ataupun dialog. Oleh sebab itu, baik novel dengan setting lokal atau setting luar negeri harus melalui riset yang cukup serta teknik menulis yang handal. Dalam sesi ini, para penulis akan berbagi tentang proses penulisan untuk novel dengan setting lokal dan setting luar negeri. Mereka akan menceritakan tentang pilihan setting dalam novel mereka, strategi riset, tantangan, dan cara mereka meleburkan setting dengan unsur-unsur cerita lainnya.

13.00-14.30
MOM’s Gathering: “Bahagianya Menjadi Ibu”
Moderator: Miund (penyiar Motion Radio)
Pembicara:  Meira Anastasia - Smita Diastri - Nia Nurdiansyah - Amanda Pingkan Wulandari - Melina Adi

• Bincang santai parenting bersama admin Homemade Healhty Baby Food dan penulis buku Everlasting Love.
• Peluncuran Buku Everlasting Love.


15.00-16.30
Book Reviewer Gathering: Menulis Kritik dengan Asik

Host: Lia Achmadi
Pembuka Diskusi: Okta Wiguna (Jakarta) - Dwi Dini Nuraini (Bogor) - Ila Rizky Nidiana (Tegal) - Muhammad Rasyid Ridho (Malang)

Sebagai sebuah karya, buku membutuhkan umpan balik dari pembacanya. Untuk itulah, kritik-kritik yang disampaikan melalui resensi akan sangat membantu penulis untuk melihat sejauh mana karyanya di mata pembaca. Bagi penulis, resensi bukan hanya bentuk apresiasi, melainkan juga masukan-masukan yang bisa menjadi bahan untuk penulisan buku berikutnya.

Belakangan, menulis resensi bisa dilakukan oleh siapa saja. Kehadiran internet memudahkan setiap orang untuk menyebarkan pendapatnya tentang sebuah buku. Entah melalui blog, twitter, atau pun facebook. Resensi buku, kini tidak lagi ekslusif kehadirannya di media-media cetak seperti dulu. Bentuk penulisan resensi pun menjadi semakin beragam. Peresensi buku semakin banyak.

Di antara banyaknya peresensi buku, beberapa orang mengkhususkan blognya menjadi tempat untuk mengapresiasi setiap buku yang dibacanya. Pilihan mereka ini tentu saja memiliki alasan yang beragam. Teknik dan gaya mereka dalam menulis resensi juga unik satu sama lain. Beberapa peresensi melakukan kritik dalam tulisannya dengan halus, dan beberapa peresensi melakukan kritik dengan sedikit kejam. Bagaimanapun, peresensi buku adalah bagian yang penting dan patut dikembangkan dalam industri perbukuan di Indonesia.

Dalam Book Reviewer Gathering, para peresensi buku yang juga belakangan disebut blogger buku akan berbagai kisah tentang resensi-resensi buku yang ditulisnya dan bagaimana resensinya menghasilkan efek yang tak terduga baik bagi dirinya, penulis, penerbit, atau pihak lain.

16.00-17.00
Bukune New Project Workshop: Fairy Tale Romance & Women’s Secret
Pemateri: Widyawati Oktavia (Kepala Desk Fiksi Bukune) dan tim

[Terbatas untuk 50 orang. Pendaftaran ke promosi@gagasmedia.net dengan subyek “Daftar Bukune New Project Workshop”. Harap mencantumkan nomor telepon atau handphone di email.]

17.00-18.00
Book Talk: Ziara Diri dalam Perjalanan (Peluncuran Buku the Journeys 3)

Penulis the Journeys 3: Husni Mubarak Zainal - Dina @duaransel - Alitt Susanto - Ariev Rahman - Lucia Nancy - Alfred Pasifico Ginting - Valiant Budi - Alexander Thian - Farid Gaban - Hanny Kusumawati - Ve Handojo - JFlow - Windy Ariestanty

Batas akan tetap menjadi batas, saat tak ada yang benar-benar berani menyeberanginya. Seperti halnya kita menamai utara sebagai utara, karena tak ada yang pernah bertanya kenapa. Jarak akan tetap menjadi jarak, saat tak ada yang memulai langkah untuk menyudahinya. Kita hanya menduga-duga, sebelah langit mana yang berwarna lebih merah.

Dan, perjalanan hanya akan menjadi perjalanan, saat tak ada yang sudi menceritakan kisah yang menyertanya. Maka, temuilah, lewati batas, tuntaskan jarak. Ceritakan—setidaknya kepada diri sendiri, tentang jawaban yang kita temui.
Inilah kisah perjalanan yang akan membuat kita kembali kepada sesuatu yang paling dekat, sejauh apa pun kita melangkah pergi. Sebuah perjalanan‘ziarah’; mengunjungi diri sendiri.

19.00-20.30
Penyerahan Hadiah dan Pengenalan Pemenang Lomba Menulis 7 Deadly Sins – GagasMedia dan Sayembara Menulis Romance – Bukune


***

Ada penjualan buku gak?

Ada dong. Kamu bisa dapet diskon buku GagasMedia-Bukune-PandaMedia. Kamu juga bisa cari buku-buku lama terbitan GagasMedia-Bukune-PandaMedia yang udah susah dicari di toko buku.

Wah seru banget, gimana cara ikutannya?

Kamu bisa langsung dateng di tanggal 22 Desember 2013 di Galeri 678. Acara terbuka untuk umum dan gratis mulai pukul 10.00-21.00. Tapi, kalau kamu mau ikut salah satu acara lebih baik sih daftar dulu ke promosi@gagasmedia.net dengan subyek “saya datang di kumpul penulis pembaca 2013 + nama acara yang kamu ingin dateng”.

Gimana cara ke Galeri 678?

Gampang. Galeri 678 ada di Jl. Kemang Selatan Raya No. 125 A Jakarta Selatan.
Kalau kamu naik kendaraan umum, bisa naik: Kopaja 614 (PasarMinggu-Mayestik) atau 605A (Kp. Rambutan-Blok M) atau 612 (Kp. Melayu-Ragunan).

Kalau kamu naik busway. Pilih koridor arah ke Ragunan. Kamu bisa turun di halte Jatipadang kemudian lanjut naik 614 turun di Galeri 678, dia ada di sebelah kananmu
Atau turun di halte Duren Tiga kemudian naik 612, turun di pertigaan Kemang menuju Ampera. Jalan sekitar 200 meter ke Galeri 678.

***

Postingan ini saya ambil dari tumblr Bukune:
http://bukune.tumblr.com/post/69580352798/kumpul-penulis-pembaca-2013
http://bukune.tumblr.com/post/69955748223/kumpul-penulis-pembaca-2013-gagasmedia-bukune

Cek ini juga--> http://bukune.tumblr.com/post/70278047292/kpp2013-bukune-gagasmedia-pandamedia

Sampai jumpa

-Alvi-

Alvi Syahrin

Developer

A dream-oriented person since 1992. Telah menerbitkan dua novel: Dilema; Tiga Cerita untuk Satu Rasa dan Swiss; Little Snow in Zurich. Tak lama lagi, novel ketiganya, yang berjudul "I Love You; I Just Can't Tell You" akan terbit. Saat ini, selain merampungkan novel keempat, dia juga sedang mempersiapkan proyek-proyek untuk masa depan. Dan, satu hal yang selalu dia genggam erat dalam hidup ini: Akan ada sesuatu yang lebih baik dari sebuah kegagalan. Allah selalu tahu mana yang terbaik. Lagi pula, hidup tak melulu di dunia. Kau bisa menyapanya lewat Twitter, Instagram, dan ask.fm: AlviSyhrn.

1 comment: