How Have You Been?

by 4:42 PM 7 komentar
I won't say that I'm okay.
Karena pada kenyataannya demikian.
Saya merasa sangat, sangat tidak produktif.
Bulan Juni kemarin saya lulus. Bulan Juli saya wisuda. Sekarang bulan September, dan apa yang sudah saya hasilkan?
Tidak ada.
Secara materi, tidak ada.
Secara teknis, saya baru menghasilkan sembilan halaman tulisan untuk naskah novel baru dan proyek website yang belum kelar sampai hari ini.
Padahal saya punya waktu dua bulan yang sangat luang.
Puncaknya, semalam, saya sadari kalau saya terlalu banyak waktu yang saya sia-siakan. Terlalu banyak. Kebanyakan waktu saya habiskan duduk di depan komputer, online dari siang sampai sore, browsing-browsing yang nggak pernah ada ujungnya. Sesekali saya membuka berkas naskah, mencoba untuk menulis, tapi saya selalu membiarkan kursor berkedap-kedip, tanpa ada tulisan yang bertambah. Stuck. Buntu. Malas. Pernah juga saya mencoba menulis blog, tapi ujung-ujungnya hanya menjadi draft--tetapi saya nggak mau postingan ini mengalami nasib yang sama.
Setiap kali menulis naskah, saya selalu mikir, "Kok jelek, ya? Bagus nggak, ya?" Sampai-sampai saya merasa nggak pede lagi untuk menulis. Terkadang saya tanya ke diri saya sendiri, "Apa saya sebenarnya bisa nulis lagi?"
These things make me down. Tulisan-tulisan saya seringkali berakhir pada halaman-halaman kosong. Saya menghapus semua kalimat-kalimat yang sudah saya tulis. Mengulang lagi dari awal, melakukan hal yang sama lagi. Hanya pada saat-saat tertentu--contohnya, kalau lagi mood--saya baru benar-benar merasakan sukacita dalam menulis. Dan saya selalu rindu perasaan itu.
Namun, saya tidak boleh selalu bergantung pada mood.
Saya harus membiasakan mood saya: dengan menulis setiap hari, salah satunya melalui blog ini.
Saya juga tidak boleh menghabiskan waktu dengan online seharian penuh. Saya hanya boleh online--dalam artian, buka Facebook dan Twitter--60 menit dalam sehari. Bisa nggak ya?
Saya harus menulis. Saya harus mengerjakan proyek yang saya kerjakan.
Saya TIDAK BOLEH malas.
So, today, I want to start my day better. Dengan tidak tidur lagi ba'da Subuh--saya jarang mengantuk sebenarnya, tapi saya selalu ingin tidur lagi, tapi tidak untuk hari ini, dan esok, dan esok. Dengan lekas-lekas mandi pagi sebelum pukul setengah enam. Dan, dengan menulis postingan ini.
Jadi, selamat datang. Halo? Hai? Apa kabar?
Sudah lama sekali saya nggak menulis di sini. Trafik blog saya menurun drastis. Tapi, nggak apa-apa. Akhir-akhir ini, banyak sekali kalimat di kepala saya, yang ingin saya tuangkan. Tetapi seperti yang saya katakan tadi, saya selalu khawatir, takut jelek. Di blog ini, saya ingin menulis sesuatu yang lebih personal. Dan saya tidak mau peduli apakah tulisan ini bagus atau nggak. Saya menulis di sini, karena saya ingin menuangkan apa yang di pikiran saya. Saya menulis di sini, untuk berlatih, untuk membiasakan mood menulis.
Dan, jika kamu membaca postingan ini, saya akan sangat senang membaca salam balik darimu. :)
-Alvi Syahrin-

Alvi Syahrin

Developer

A dream-oriented person since 1992. Telah menerbitkan dua novel: Dilema; Tiga Cerita untuk Satu Rasa dan Swiss; Little Snow in Zurich. Tak lama lagi, novel ketiganya, yang berjudul "I Love You; I Just Can't Tell You" akan terbit. Saat ini, selain merampungkan novel keempat, dia juga sedang mempersiapkan proyek-proyek untuk masa depan. Dan, satu hal yang selalu dia genggam erat dalam hidup ini: Akan ada sesuatu yang lebih baik dari sebuah kegagalan. Allah selalu tahu mana yang terbaik. Lagi pula, hidup tak melulu di dunia. Kau bisa menyapanya lewat Twitter, Instagram, dan ask.fm: AlviSyhrn.

7 comments:

  1. Kebalikan dari aku... Aku malah produktif banget... Udah bisa bikin 4 novel, dan malah lagi nunggu diACC... Hahaha....


    SSemangat!!!

    ReplyDelete
  2. Saya juga sedang mengalami hal yang sama. Serba takut dalam menulis, kehilangan percaya diri, dan susah menemukan mood.
    Semoga secepatnya keadaan kita membaik ^_^
    Kan katanya yang salah kalau tidak menulis sama sekali.

    ReplyDelete
  3. tulislah apa saja yang sedang kamu pikirkan .jangan khawatir dengan bagus tidaknya hasil dari tulisan kamu ... tetap berkarya alvi :)

    ReplyDelete
  4. Alvi, terus semangat ya!
    Aku akan selalu menunggu karya2mu... :-D

    ReplyDelete
  5. Hahaha... Tapi masih nunggu ACC penerbit sih.... -_-

    Doain yah moga tembus semuanya... :P

    ReplyDelete
  6. aku suka novelmu, dilemma. aku juga suka menulis, tapi puisi, kyaknya susahs ekali untuk bikin novel, selalu stug di tengah jalan, bingung harus nulis apa lagi....thanks inspirasinya..

    ReplyDelete